5 Rahasia Cara Memasak Pepes Ikan Lebih Sedap dan Lembut

cara memasak pepes ikan
Anda mungkin pernah mengalami membuat pepes ikan dengan rasa dan hasil yang kurang memuaskan. Entah rasanya yang amis, kurang matang sempurna, bumbu yang tidak pas atau kekurangan-kekurangan lainnya membuat rasa menjadi tidak sempurna.

Cara memasak pepes ikan memang ada beberapa jenis. Masing-masing orang, rumah makan atau restoran khas Sunda biasanya memiliki resep rahasia cara membuat pepes ikan agar masakan pepes ikan buatannya menjadi lebih sedap dan lembut.

Cara Memasak Pepes Ikan – Apa Yang Diperlukan

Rahasia memasak berikut ini bisa membantu Anda memasak pepes ikan dengan hasil yang paling pas dan sempurna. Berikut ini adalah ulasannya yang bisa Anda praktekkan untuk hasil pepes ikan yang lezat dan penuh gizi;

Jenis Ikan Pilihan

Sebetulnya semua jenis ikan bisa dijadikan pepes. Ikan air tawar seperti mujair, lele, patin, gurami maupun ikan laut seperti tuna, tongkol, ikan kembung dan masih banyak lagi. Ikan peda atau ikan yang sudah diasinkan juga bisa dijadikan pepes ikan dengan rasa yang nikmat.

Tetapi untuk membuat pepes ikan yang enak, apapun ikan yang Anda pilih selalu pilih ikan yang segar, bersih dan tidak rusak. Untuk mendapatkan ikan yang segar sebaiknya Anda membeli ikan yang memang masih hidup di penjual ikan di pasar.

Cara mengolah pepes ikan

Sebelum di pepes, ikan sebaiknya betul-betul dibersihkan dari sisik, isi perut, insang dan kotoran. Sisa-sisa isi perut maupun kotoran akan membuat pepes ikan terasa pahit.  Setelah bersih, lumurilah ikan dengan air perasan jeruk nipis dan diamkan selama lebih kurang 15 menit.

Baru kemudian Anda kukus dengan panci kukusan. Cara memasak pepes ikan agar rasa ikan lebih sedap dan harum, sertakan beberapa potong sereh, beberapa lembar daun salam dan lengkuas saat ikan dikukus.

beli online

Sisihkan Duri dan Tulang

pepes ikan masBiasanya yang mengurangi kenikmatan makan pepes ikan adalah adanya duri dan tulang ikan yang mengganggu. Karena itu setelah ikan dikukus, cara memasak pepes ikan adalah singkirkan duri dan tulang sampai bersih.

Kemudian suwir lembut atau kasar agar nantinya bumbu pepes akan meresap lebih mudah pada daging ikan yang telah disortir tersebut. Menyantap pepes tanpa duri lebih nikmat dan mudah, terutama bagi mereka yang lanjut usia dan anak-anak yang biasanya kesulitan untuk memisahkan duri atau tulang ikan.

Bumbu Pilihan Bukan Instan

Rahasia cara memasak pepes ikan berikutnya terletak pada bumbu-bumbunya yang dipilih dari bahan terbaik. Pembuat pepes yang banyak jadi langganan orang selalu menggunakan bumbu racikan sendiri dan tidak menggunakan bumbu instan.

Mereka harus memilih tomat, bawang merah, sereh, kunyit, jahe, cabai dan bumbu-bumbu lain yang betul-betul segar dan baik agar rasa pepes benar-benar enak. Demikian juga dalam memilih bahan pelengkap pepes seperti belimbing wuluh, daun kemangi, salam dan bahan-bahan lain.

Matang Sempurna

Bumbu yang tak matang sempurna akan mengurangi rasa. Karena itu teknik memasak pepes ikan yang dilakukan beberapa orang biasanya menumis terlebih dahulu bumbu-bumbu halus agar rasanya lebih harum. Sehingga saat pepes dipanggang atau dikukus maka sebetulnya ikan dan bumbu-bumbu didalamnya memang sudah matang. Tujuan memanggang atau mengukus hanya untuk finishing agar pepes betul-betul matang sempurna.

Rahasia cara memasak pepes ikan agar lebih sedap dan lembut serta mudah dikonsumsi mudah sekali bukan? Anda kini bisa membuat pepes ikan dan menyajikan dengan rasa yang sempurna.

Inti dari cara membuat pepes ikan agar sempurna sebetulnya hanya terletak pada memilih ikan dan mengolahnya, serta memilih bumbu terbaik dan mengolahnya agar betul-betul pas aroma dan rasanya. Dengan demikian, pepes ikan Anda lebih gurih, harum dan enak.

beli online

Leave a Reply